Parenting

5 Hal Bentuk Dukungan Anda Terhadap Anak yang Berdampak Pada Kebiasaan Pilih-pilih Makanan

Sudah sewajarnya anak memilih-milih makan, namun mungkin Anda tanpa sadar mendukung perilaku tersebut.

Rabu, 30 September 2020 - 23:35 WIB | FP

Foto : Today

Angkat tangan Anda jika Anda pernah menyembunyikan sayuran anak Anda di suatu tempat dalam sesendok penuh makanan yang mereka sukai. Mengasuh seorang pemilih makanan memiliki tantangan tersendiri, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya tentang peran yang Anda mainkan dalam mendorong mereka untuk lebih berani bertualang tentang makanan mereka? Menurut Frances Largeman-Roth, seorang ahli diet dan ahli gizi terdaftar dan penulis Smoothies & Juices: Prevention Healing Kitchen, Anda secara tidak sengaja menghalangi upaya anak-kami untuk mengembangkan selera mereka.


1. Anda Menerima Ketertarikan Mereka sebagai Kenyataan

Ya, anak Anda yang berusia lima tahun tidak menyukai salmon sejak dia cukup besar untuk berbicara. Tetapi ketika pilihan muncul katakanlah, di restoran atau dalam makanan yang dinikmati seluruh keluarga di rumah, Anda bertindak sebagai penjelas jalan, membantunya mempertahankan preferensinya yang terbatas dengan mengatakan hal-hal seperti: “Oh, dia tidak akan makan itu, "atau" pesan saja ayam." 

Masalah? Anda mengaktifkan pola tanpa memberinya alat untuk memecahkannya. “Hal tentang anak-anak adalah mereka benar-benar dapat mengejutkan Anda,” Largeman-Roth menjelaskan. “Anak saya menolak untuk mencoba sushi selama bertahun-tahun dan kemudian suatu hari dia memutuskan untuk mencobanya. Sekarang dia terpikat. Anda harus terus menawarkan sesuatu terus menerus. Suatu hari, mereka benar-benar akan mencobanya.”


2. Anda Menyembunyikan Makanan

Menyelinap dalam alternatif (seperti sayuran yang disebutkan di atas) bisa terasa seperti kisah sukses ketika Anda sangat ingin anak Anda mencoba sesuatu yang baru. Tapi Largeman-Roth mengatakan itu sebenarnya tidak benar, terutama dengan anak pemilih yang suka makan. “Saya tahu banyak orangtua yang menggunakan cara ini, dan terkadang berhasil, tetapi tidak mendidik anak-anak Anda tentang dari mana asal sayuran dan mengapa itu baik untuk Anda jika Anda selalu menyembunyikannya di pancake,” dia menjelaskan. Jika Anda terus menaruhnya di piring mereka, akhirnya mereka akan penasaran untuk mencobanya.


3. Anda Memasak dengan Pesanan Singkat

Menurut Largeman-Roth, bersikap terlalu akomodatif adalah kesalahan besar. Namun, dia juga tidak menganjurkan pendekatan "satu keluarga, satu kali makan". “Saya suka ide itu, tapi kenyataannya, itu tidak selalu berhasil,” katanya. “Misalnya, putri sulung saya tidak makan daging lagi, jadi makanan yang berpusat pada hal itu tidak akan berhasil untuknya. Itulah mengapa saya merekomendasikan pendekatan fleksibel yang cocok untuk orang tua dan anak-anak." 

Contoh kasus: Malam Taco. “Jika Anda ingin makan malam taco dan ingin membuat daging giling atau udang bakar, coba masukkan satu alternatif tambahan seperti kacang. Kemudian, terutama jika Anda memiliki anak yang sedikit lebih tua, alih-alih memuat taco semua orang untuk mereka, taruh saja semuanya di mangkuk kecil dan biarkan setiap orang menambahkan isinya sendiri.” Sasarannya adalah untuk menawarkan maksimal dua pilihan untuk makan malam, tapi itu batasnya.


4. Anda Tidak Mencontohkan Makan Yang Baik di Depan Mereka

Mungkin Anda makan makanan terpisah dari anak-anak. Atau mungkin Anda terus-menerus menolak jenis makanan tertentu. Menjadi model makan petualang atau sehat di depan anak Anda adalah salah satu cara terbaik untuk membuat mereka mencoba sesuatu yang baru. “Tunjukkan pada anak-anak Anda betapa Anda menikmati buah dan sayuran dan biji-bijian,” jelas Largeman-Roth. “Orang tua adalah pengaruh terbesar bagi anak-anak, meski tidak selalu terasa seperti itu.”


5. Pada Titik Tertentu, Anda Hanya Menyerah

Ini sangat sulit dan menakutkan dan melelahkan, dengan semua kemauan Anda untuk tetap sabar dan berpikiran terbuka. “Orang yang suka pilih-pilih makan sering kali berhasil, tapi terkadang mereka hanya mengubah apa yang mereka pilih,” Largeman-Roth menjelaskan. “Selama mereka terus mencoba hal-hal baru, itulah yang penting. Paparkan mereka pada warna, tekstur, dan jenis makanan yang berbeda.” Juga, ingatlah bahwa butuh waktu bagi anak-anak untuk mengembangkan langit-langit mulut. 

“Anak-anak terlahir untuk menyukai hal-hal manis dan butuh waktu untuk menghargai rasa pahit dalam banyak sayuran. Jangan takut dengan sedikit keju, saus, atau mentega atau minyak zaitun. Beberapa orangtua memberlakukan kebijakan uber-sehat mereka sendiri pada anak-anak, tetapi itu tidak perlu. Untuk membesarkan orang yang berpikiran terbuka, Anda harus menjadi diri sendiri.”


Back to top